Pengembalian order, setiap e-Commerce pasti punya yang namanya retur buat para pembelinya kalo misal barang cacat atau gak sesuai sama gambar atau mungkin beda jauh sama yang dipesan. Kalo kasus di Sale Stock, mungkin kebesaran atau kekecilan juga bagian dari retur karena yang namanya baju, sendal, sepatu itu kan ada ukurannya masing-masing gak bisa disama ratain kayak senter, handphone, atau produk elektronik yang lain.
Pengembalian order atau retur merupakan salah satu hak pembeli, tapi tetep yang namanya retur pasti ada ketentuannya, di semua e-Commerce pasti gitu. Entah itu batas pengembalian order 14 hari, 30 hari atau bahkan seminggu, karena mereka punya kebijakan sendiri.
Khusus buat Sale Stock, ada beberapa prosedur dan syarat retur yang kalian perlu tahu, kayaknya sih masih berlaku, nanti coba aku sampein, tujuannya apa sih kok ada prosedur dan syarat retur? Tujuannya kalo menurutku biar kalian nanti gak bingung, biar Sista nanti gak salah pas mau retur. Dimana-mana kalo retur semaunya sendiri gak ngasih tahu atau gak bilang dulu ke Customer Service-nya pasti bakalan diproses lama dan harus dicek lagi dari awal. Untuk menghindari hal-hal yang menyulitkan dan merepotkan kalian di kemudian hari. Langsung aja ya.
5 Tahapan retur di Sale Stock yang bisa kalian coba, biar proses retur dan refund kalian lancar.
Data retur itu seperti apa? Data retur itu meliputi :
ID Order : ?
Nama Produk : ?
Alasan Retur : ?
Kasih tahu dulu data sepele itu, biar nanti mbak Soraya cek dulu terus kasih tahu lagi ke kalian info selanjutnya.
NB : Pastiin juga data returnya tulis di kertas retur, terus masukin ke dalam pake produk yang diretur biar nanti gudang Sale Stock tahu barang kita yang kita retur.
Tampilan pengembalian order form (Image snipping : salestockindonesia.com) |
Pengembalian order atau retur merupakan salah satu hak pembeli, tapi tetep yang namanya retur pasti ada ketentuannya, di semua e-Commerce pasti gitu. Entah itu batas pengembalian order 14 hari, 30 hari atau bahkan seminggu, karena mereka punya kebijakan sendiri.
Khusus buat Sale Stock, ada beberapa prosedur dan syarat retur yang kalian perlu tahu, kayaknya sih masih berlaku, nanti coba aku sampein, tujuannya apa sih kok ada prosedur dan syarat retur? Tujuannya kalo menurutku biar kalian nanti gak bingung, biar Sista nanti gak salah pas mau retur. Dimana-mana kalo retur semaunya sendiri gak ngasih tahu atau gak bilang dulu ke Customer Service-nya pasti bakalan diproses lama dan harus dicek lagi dari awal. Untuk menghindari hal-hal yang menyulitkan dan merepotkan kalian di kemudian hari. Langsung aja ya.
1. Konfirmasiin dulu ke mbak Soraya
Konfirmasiin dulu yah data retur kalian ke mbak Soraya via chat, Inbox FB, Line, atau SMS (setahuku cuma itu deh yang bisa kalian pake selain itu not recommended)Data retur itu seperti apa? Data retur itu meliputi :
ID Order : ?
Nama Produk : ?
Alasan Retur : ?
Kasih tahu dulu data sepele itu, biar nanti mbak Soraya cek dulu terus kasih tahu lagi ke kalian info selanjutnya.
2. Setelah dicek ikuti yang mbak Soraya sampein
Terus tinggal ikuti yang mbak Soraya infoin, kalo misal perlu foto produk, kasih foto produk kalo misal data-data yang lain diperlukan sampein aja. Biar nanti gak rempong diakhir-akhir. Kebayang gak, misal kalian langsung main kirim, tahu-tahu pas konfirmasi barang udah dikirim, terus dimintain foto produk sama nama produknya kan repot kalo refundnya harus nunggu barang yang kalian kembaliin sampai gudang Sale Stock dulu. Siapa yang repot, kalian juga kan. Kalo aku sih cari aman aja.3. Setelah dirasa cukup lengkap data returnya, kalo udah disuruh kirim, kirim deh ke gudang Sale Stock
Kirimnya pake ekspedisi pengiriman kayak JNE, Pos Indonesia, J&T Express atau yang sejenisnya yah. Jangan khawatir, nanti ongkirnya bakalan diganti kok sama Sale Stock. Tapi pastiin juga resi bukti pengirimannya masih utuh dan jelas jadi jangan sampe ilang. Kalo terpaksanya ilang, minta lagi ke ekspedisi pengirimannya resi bukti pengiriman. Terpaksanya kalo ilang beneran dimintain ke ekspedisi pengiriman gak bisa ya nunggu barang sampe gudang Sale Stock. Soalnya mbak Soraya perlu itu buat cek ongkir sama nomor resi sama tujuan pengirimannya juga (katanya sih gitu). Terus jangan lupa juga difoto ya bukti resi pengirimannya.NB : Pastiin juga data returnya tulis di kertas retur, terus masukin ke dalam pake produk yang diretur biar nanti gudang Sale Stock tahu barang kita yang kita retur.